Membuat Foto Bisa “Ngomong”

Sebenarnya saya yang masih agak awam dan masih bingung dengan ini, dan saya hanya berbagi tips sederhana tentang makna sebuah foto. Setiap foto memiliki makna dari tukang atau fotografernya. Kadang makna tersebut hanya tersirat tanpa tertulis jelas di judulnya. Namun hanya fotonya saja yang menjelaskan tentang maksud fotografernya.

Hebatnya lagi banyak orang yang tahu tentang maksud foto tersebut meskipun tanpa diberi judul. Mungkin yang menyebabkannya adalah bagusnya foto tadi sehingga seperti bisa berbicara dengan pembaca.

Itu adalah gambaran menurut saya, tentang foto yang bagus itu seperti apa. Tapi berbeda pendapat pun tidak masalah, karena seni itu tentang rasa, dan rasa itu berdiri sendiri tanpa ada pengaruh dari luar. Kalau ada pengaruh dari luar mungkin itu bukan murni dari rasa yang anda rasakan.

Maka dari itu kadang cara membaca foto pun tidak bisa sama.

Bagaimana cara menerjemahkan foto ini ?

Apa yang bisa dibaca dari foto ini ?

  • Menunggu sambil membaca
  • Ada peristiwa apa hari ini?
  • Membaca koran hari ini
  • Atau yang lain

Foto ini saya ambil di sekitar pasar legi kabupaten jombang pada tanggal 30 september 2017. Foto oleh @fitrianivirgadii (on ig)

Apa ya maksudnya ?

  • Dahulukan pejalan kaki
  • Manfaatkan zebra cros
  • Stop
  • Atau yg lain

Foto oleh @fitrianivirgadii lagi, Kalau saya menilai ini tentang kerjasama, tapi ada juga tentang gotong royong, ataupun tentang kegiatannya atau panjat pinang.

Lantas, mana yang benar atau yang salah ? Tidak ada yang benar atau salah, itu hanya sudut pandang anda sebagai penikmat foto. Semua bisa berimajinasi dengan membaca foto.

Ada bebeberapa cara agar foto anda menciptakan foto yang memiliki makna, kadang di foto street, hi, atau jurnalistik memang foto tersebut pada umumnya memiliki makna, tapi agar makna tersebut bisa lebih terpampang jelas dengan beberapa cara.

Jadi sebenarnya bagaimana mengarahkan mata pembaca ke inti cerita dari foto atau ke poi anda. Inilah yang susah, bagaimana mempengaruhi indera mata pembaca agar mengetahui maksudnya.

Yang saya lakukan di beberapa foto itu adalah memfokuskan mata anda ke titik tertentu. Maksudnya seperti ini, untuk foto pertama saya memanfaatkan framme dari jendela. Sedangkan kegiatan PoI saya tidak teraganggu dengan adanya jendela itu, malah kesannya memperjelas aktifitasnya.

Dengan adanya frame (panah biru mengarah ke jendela yang saya manfaatkan untuk frame) dan, maka pembaca foto langsung terfokus ke PoI (panah merah muda). Untuk framing lebih lanjut bisa dibaca disini.

Selain itu PoI juga dengan jelas muncul tanpa ada gangguan dr objek lain. Yang kedua manfaatkan objek lain sebagai penguat jangan sebagai penutup PoI anda.

Foto diatas memiliki makna mendahulukan orang yang menyebrang jalan menurut saya dan anda harus berbeda karena imajinasi orang berbeda.

  • Panah kuning mengarah ke zebra cros yg berarti ini adalah zona untuk menyebrang.
  • Panah biru mengarah ke tangan PoI saya yang menghentikan mobil.
  • Panah merah muda mengarah ke mobil yang berhenti.

Oke lanjut ke cara ketiga saya, yaitu memenuhi foto dengan PoI/aktifitas PoI. Setidaknya meskipun tidak penuh tapi mendominasi foto.

Cara selanjutnya adalah Juxtaposition

Pengertian juxta position adalah mengambil gambar/foto dengan cara menempatkan dua objek yang berbeda namun masih dalam konteks yang sama secara berdampingan, segingga mengasilkan suatu kesatuan yang memiliki makna atau pesan tertentu.

Foto mbak mbak yang selfie dengan mural di dinding adalah objek yang sangat berbeda. Namun disini saya mencoba menggabungkannya. Mbak yang foto seolah olah mengajak foto sama layaknya mural didinding itu. Foto tersebut mencoba mengarahkan kedua sisi, yang pertama aktifitas objek (yang selfie) dan mural beserta tulisannya. Keduanya saling berdampingan dan memiliki kesatuan makna.

Jika diperhatikan secara jelas, Foto ini juga ada yang bilang juxtaposition karena ada tulisan kebersihan sebagian dari iman, di frame yang kiri dan di kanan ada bapak bapak memakai kopyah.
Mungkin tambahan untuk cara lainnya adalah membaca dan mencoba terus.

hanya itu saja tentang tulisan kali ini.

Terimakasih, kali saja ada yang mau ngasih tambahan di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s